muhammad

muhammad

Senin, 04 Juni 2012

cinta sekitar kita

                                                        Manusia dan Cinta Kasih                  


     Sebelumnya,mungkin di kesempatan kali ini saya akan memberikan arti kata dan persepsi makna dan arti kata cinta sesungguhnya,CINTA itu tidak selalu kaitanya antara sepasang kekasih,suami-istri,tapi dalam hakikatnya rasa cinta dapat di klasifikasikan ke beberapa jenis

  1. Hubungan cinta antara anak dan orang tua
  2. Hubungan cinta antara pria dan wanita      
  3. Hubungan cinta antara sesama manusia 
  4. Hubungan cinta antara manusia dan Tuhan 
  5. Hubungan cinta manusia dan lingkungan    
 


      Cinta kasih orangtua kepada anak,ada ungkapan yang menyebutkan cinta ibu sepanjang jalan, cinta anak sepanjang galah.ungkapan ini memang benar adanya seorang ibu sangat lah mencinta dan menyayangi anaknya lebih besar dari apapun yang ada di muka bumi ini,seorang ibu  rela berkorban apapun untuk anaknya.maka seyogyanya kita sebagai anak berusahalah selalu berbakti walaupun se berbakti apapun seorang anak tidak akan bisa mampu membayar pengorbanan ibu kepada anaknya.
        Cinta kasih antara pria dan wanita, jatuh cinta adalah adalah sebuah rasa yang dimiliki seseorang ketika melihat orang lain dari jenis yang berbeda. perasaan cinta muncul karena dalam tubuh diproduksi zat-zat tertentu yang sedikit membius otak dan efeknya bisa di samakan dengan efek narkoba. zat ini dinamakan FEROMON, yakni zat dalm tubuh yang membuat seseorang kecanduan sehingga ingin melihat pasanganya atau orang idamanya sesering mungkin. Cinta merupakan titik awal timbulnya keluarga atau rumah tangga,dan merupakan kodrat alam. Cinta antara pria dan wanita harus dituntut rasa tanggung jawab,pengorbanan , kejujuran, saling percaya dan saling keterbukaan.
        Cinta kasih antara sesama manusia, dilansasai oleh rasa belas kasihan, belas kasihan timbul karena penderitaan yakni,akibatbencana alam, perang, sakit, atau ditinggal orang tua.. Cinta sesama manusia akan menimbulkan rasa kebersamaan kedamaian.
        Cinta kasih antara manusia dan Tuhan,ditandai oleh kepercayaan yang timbul dari jiwa manusia yang paling dalam, Cinta ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena pada hakikatnya manusia hidup di dunia ini harus memilki penuntun dan pedoman. sebagai makhluk ciptaan Tuhan,ada suatu perasaan takut dan berusaha mentaati perintah-Nya.
         Cinta kasih antara manusia dan lingkungan, Di dalam cinta terhadap lingkungan terkandung rasa senang ,suka.dengan rasa senang dan suka akan timbul keinginan untuk merawat, menata, dan memelihara. Bilamana tercipta keselarasan keserasian ,dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan sehingga tercipta suasana, aman, damai, dan sehat.tidak dapat dibayangkan bila manusia tidak merasa senang, suka,sayang terhadap lingkungan maka akan timbul terjadi bencana alam.




       Cinta yang ideal memiliki 3 unsur yakni, keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Syarat mewujudkan cinta kasih menurut Erich Fromm ;1. Pengenalan, 
                                                   2. Tanggung jawab
                                                   3. Perhatian
                                                   4. Saling menghormati
     Cinta dapat diibaratkan suatu seni sebagaimana seni lainya sangat memerlukan pengetahuan dan latihan untuk menggapainya.




     Maka kita sebagai manusia sudah seharusnya mengerti arti cinta sesungguhnya,karena cinta yang sesunguhnya muncul dari hati dan jiwa yang terdalam. Dan juga semestinya harus juga bisa menempatkan cinta pada posisinya masing-masing.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar