muhammad

muhammad

Senin, 04 Juni 2012

pencemaran udara


v BAB I : PENDAHULUAN

1.1  . LATAR BELAKANG
          Kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini tidak lepas dari unsur-unsur dan sumber daya yang telah ada,yakni dalam ruang lingkup yang sederhana sumber daya air ,tanah,dan udara.jika ada suatu komponen lain,energi,atau zat asing yang masuk atau dimasukkan ke dalam komponen sumber daya alam itu bisa di kategorikan sebagai pencemaran.akibat dari masuknya komponen lain itu dapat merubah komponen atau tatanan sumber daya yang ada sehingga kualitas air,tanah dan udara sudah tidak dapat di optimalkan secara maksimal dan sudah tidak sesuai dengan baku mutu.sumber daya yang bersih sangat di dambakan oleh semua makhluk hidup,tetapi dalam kenyataannya saat ini pencemaran lingkungan sudah sangat memprihatinkan.secara substansi dan skalanya pencamaran telah terjadi sejak manusia ada,tetapi dahulu pencemaran yang dihasilkan oleh manusia tidak terlalu fatal dan mengkhawatirkan terhadap keseimbangan komponen sumber daya yang ada,seiring pekembangan jaman dan laju teknologi yang ada saat ini pencemaran sudah cukup mengkhawatirkan baik dari negara berkembang maupun di negara maju.
        Dalam makalah ini kami secara singkat akan memaparkan secara khusus tentang pencemaran udara,karena udara merupakan elemen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.


1.2  RUMUSAN MASALAH
a.      Apa saja penyebab pencemaran udara yang terjadi saat ini?
b.      Jenis-jenis bahan pencemar?
c.       Apa dampak pencemaran udara yang terjadi terhadap kehidupan makhluk hidup?




1.3  TUJUAN
        Tujuan pembuatan makalah ini agar kita dapat  lebih memahami lagi betapa pentingnya keseimbangan tatanan ekosistem alam terutama udara,dan memaparkan  lebih ke ruang lingkup yang sederhana tentang apa saja penyebab pencemaran udara,jenis-jenis bahan pencemaran,dampak dan bagaimana cara sederhana untuk meminimalisir pencemaran udara.











v BAB II : PEMBAHASAN(PEMAPARAN RUMUSAN MASALAH)

·         Pencemaran udara sebenarnya permasalahan nyata yang kita hadapi saat ini,dan masalah itu sebenarnya sudah tidak bisa kita hindarkan lagi,dikarenakan adanya perkembangan teknologi atau aktivitas manusia itu sendiri.sesungguhnya pencemaran udara itu bisa kita kategorikan menjadi 2,sbb:

a)      Pencemaran udara yang dihasilkan dari aktivitas manusia.
b)      Pencemaran udara yang dihasilkan dari aktivitas alam.

Pertama kita akan memaparkan apa-apa saja pencemaran yang dihasilkan manusia,
pertama diperkirakan 70% pencemaran yang ada terjadi di kota-kota besar saat ini berasal dari gas buang kendaraan bermotor,dari aktivitas manusia itu telah menyumbang partikel-partikel zat yang dapat membahayakan manusia,zat-zat tersebut dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna senyawa-senyawa yang mengandung karbon,khususnya batubara,minyak bumi dan gas alam.survey menyatakan di jakarta saja antara tahun 1993-1997 penyumbang terbesar dari gas buang sisa kendaraan yaitu sepeda motor,mobil penumpang,mobil barang,dan bus.

Kedua aktivitas manusia lainya yang menyumbang pencemaran udara ialah aktifitas industri,sama halnya dengan kendaraan bermotor kebanyakan akifitas industri di negara maju maupun berkembang membutuhkan senyawa-senyawa yang mengandung karbon,minyak bumi,batubara,dan gas alam. Industri merupakan kegiatan yang sangat tampak nyata dalam pembebasan bebagai senyawa kimia ke dalam lingkungan alam,karenanya industri selalu dikaitkan dengan sumber pencemaran.industri memberikan bagian yang relatif kecil pada pencemaran atmosfer jika dibandingkan dengan gas buang kendaraan bermotor,meskipun industri dalam kenyataannya memberikan bagian yang kecil dalam emisi senyawa pencemaran udara,namun dampak negatif dari aktifitas ini juga sangat mengkhawatirkan.bagian paling besar yang dibebaskan oleh industri adalah partikel renik atau debu,partikel debu merupakan campuran yang sangat rumit dari berbagai senyawa organik dan anorganik yang terbesar di udara dengan diameter yang sangat kecil <1 mikron sampai dengan 500mikron,partikel ini akan bepengaruh negatif terhadap kesehatan.

Ketiga pembangkit listrik merupakan salah satu kegiatan manusia yang menyumbang pencemaran udara,di indonesia khususnya sebagian besar pembangkit tenaga listrik mengandalkan batubara untuk dapat mendapatkan sumber listrik.

Keempat aktifitas rumah tangga,banyak dari sebagian kita belum menyadari bahwa dari hal kecil yang kita lakukan dirumah tanpa kita sadari penuh  juga turut menyumbang pencemaran di udara,salah satu contoh kecilnya adalah penggunaan AC (AirConditioner)dan lemari pendingin yang lazimnya di sebut kulkas,gas sisa yang di hasilkan dari AC dan kulkas merupakan senyawa/zat yang berbahaya yakni CFC(klorofluorocarbon),senyawa/zat  ini dapat merusak lapisan ozon yang ada di muka bumi dan bisa berimbas pada kehidupan makhluk hidup.


          Selain dari aktifitas manusia,pencemaran udara juga bisa di timbulkan dari aktifitas alam,diantara lain yakni:

1)      Aktifitas vulkanologi atau gunung berapi,gejala alam ini juga turut menyumbang pencemaran yang ada di muka bumi.akibat dari gejala ini banyak senyawa dan zat yang di muntahkannya antara lain Karbon monoksida (CO), Karbon dioksida (CO2), Hidrogen Sulfida (H2S), Sulfur dioksida (S02), dan Nitrogen (NO2),belum lagi awan panas dan hujan debu yang dapat berimbas langsung terhadap makhluk hidup.
2)      Kebakaran hutan,fenomena ini juga turut andil dalam pencemaran udara.


·         Dari pemaparan yang sederhana penyebab dari pencemaran udara yang tejadi dan berlangsung saat ini,sebaiknya kita juga perlu tahu apa saja jenis zat atau senyawa yang dihasilkan yang bilamana tidak sesuai dengan baku mutu akan membahayakan bagi makhluk hidup,sbb :
1)      Karbon monoksida (CO) adalah gas yang bersifat racun,biasanya dihasilkan dari pembakaran tak sempurna dari senyawa karbon,sering terjadi pada mesin pembakaran dalam(kendaraan bermotor) gas ini mudah terbakar.gas ini sudah lama dianggap sebagai polutan dan gas ini juga dihasilkan dari aktifitas vulkanik.
2)      Karbon dioksida (CO2) atu zat asam arang merupakan komponen penting dalam siklus karbon,zat ini dihasilkan oleh manusia,hewan dan mikroorganisme pada proses respirasi dandi gunakan kembali oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis untuk menghasilkan oksigen.zat ini sangat bermanfaat tetapi bilamana telah melebihi ambang batas akan membahayakan bagi kehidupan,gas ini dihasilkan dari proses bahan bakar fosil dan aktivitas vulkanik.
3)      Klorofluorokarbon (CFC)merupakan senyawa karbon tidak mudah terbakar,senyawa ini banyak dihasilkan dari proses buangan pendingin.
4)      Nitrogen oksida(NOX) kadar nitrogen oksida di udara banyak dihasilkan dari kegiatan manusia seperti transportasi,generator pembangkit listrik dll.
5)      Sulfur Dioksida (SO2): dihasilkan oleh batu bara, bahan bakar minyak yang mengandung sulfur, pembakaran limbah pertanah, dan proses dalam industry.

·         Dari pemaparan semua jenis dan penyebab munculnya pencemaran udara,pasti ada suatu dampak yang ditimbulkan dari semua itu yakni:

1)      Perlu diketahui lapisan atmosfer yang ada memiliki beberapa tingkatan,dan dari tingkatan atmosfer memiliki masing-masing fungsi.tingkatan atmosfer itu antara lain:troposfer,stratosfer,mesosfer,termosfer,eksosfer.salah satu lapisan atmosfer yang penting ialah trposfer,karena di dalam lapisan ini terdapat senyawa ozon,fungsi dari senyawa berwarna hijau dan berfungsi menahan laju paparan sinar ultraviolet dari matahari yang menuju ke bumi.dengan adanya pencemaran udara CFC mengakibatkan tergerusnya lapisan ozon yang ada sehingga sianar ultraviolet yang berasal dari matahari bisa langsung menuju ke bumi dan bilamana sinar itu terkena kulit manusia secara berkala akan mengakibatkan kanker kulit.
2)      Senyawa karbon dioksida sesungguhnya sangat bermanfaat karena sifat dari senyawa ini dapat mengikat panas matahari dan menghangatkan pada saat malam hari,tetapi bilamana zat/senyawa ini ada secara berlebih itu akan menimbulkan global warming,
3)      Dan yang sering terjadi akibat pencemaran udara adalah teganggunya saluran pernafasan,penurunan tingkat produktifitas bahkan penurunan IQ.
4)      Atmosfer dapat mengangkut berbagai cat pencemar ratusan kilometer jauhnya, sebelum menjatuhkannya kepermukaan bumi. Dalam perjalanan jauhnya, Atmosfer bertindak sebagi reaktor kimia yang kompleks merubah cat pencemar setelah berinteraksi pada zat lain, uap air dan energi matahari. Pada kondisi dimana SO2 bereaksi menjadi uap air membentuk H2SO4 (asam sulfat) dan NO2 bereaksi dengan air uap air membentuk HNO3 (asam nitrat) yang selanjutnya turun kepermukaan bumi bersama air hujan yang dikenal dengan hujan asam, air hujan dengan Ph 5,6 dapat menimbulkan kerusakan berbagai jenis logam.

Dampak dari hujan asam antara lain:

a. Merusak bangunan dan berkaratnya logam.
b. Mempengaruhi kualitas air permukaan, bisa menggangu kehidupan akuatik danau.
c. Merusak tanaman terutama hutan sehingga luas hutan berkurang.
d. Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah, sehingga mempengaruhi kualitas air tanah.
e. Menimbulkan berbagai penyakit kulit bagi beberapa masyarakat yang menggunakan air hujan sebagai satu-satunya air mandi.



v  BAB III (PENUTUP)
·        KESIMPULAN
               Seiring laju pertumbuhan dan kemajuan arus teknologi saat ini sudah sulit untuk mendapatkan udara yang cukup bersih untuk di hirup,karena sesungguhnya udara merupakan elemen terpenting dalam kehidupan maka di butuhkan kesadaran diri dari masing-masing individu untuk menjaga kualitas udara saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar